BERITA

KPU Provinsi NTB Lakukan Monev Pengelolaan JDIH KPU Kabupaten / Kota se NTB

Senin, 13 Desember 2021   Lahmuddin   183  

Rapat   pelaksanaan Monev Pengelolaan JDIH masing - masing Satker KPU Kabupaten / Kota se NTB dalam Tahun 2021 tersebut   dipimpin oleh Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Dr. Yan Marli, S.Pd, Mpd , terkait dengan pemanfataan TI (Wibsite JDIH), dan penyediaan sarana pendukung lainnya.

Hal itu untuk memastikan seluruh dokumen hukum yang menjadi produk masing- masing Satker maupun produk hukum Lembaga lain yang terkait dengan fungsi KPU telah terupload dan dibuat abstrak dalam website JDIH, sehingga nantinya  JDIH menjadi sebuah sarana yang menjamin hak publik memperoleh informasi dan dokumentasi Hukum.

Diakhir Rapat Monev tersebut,  Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi NTB berharap, agar kualitas pengelolaan JDIH seluruh KPU Kabupaten / Kota se NTB  kedepan lebih ditingkatkan.

"Sehingga nantinya  JDIH Seluruh satker KPU se NTB, dapat menjadi sarana yang dapat diandalkan oleh publik dalam memperoleh informasi dan produk hukum khususnya yang terkait dengan tupoksi Lembaga KPU sebagai Penyelenggara Pemilu dan Pemilihan," cetusnya.

Sementara itu, Sekretaris KPU Sumbawa, Lahmudin, SE ketika dimintai tanggapannya usai Rakor Monev tersebut, menyatakan, berkembangnya suatu zaman ditandai dengan kemudahan setiap individu dalam memperoleh sesuatu yang diinginkan dan menjadi hak dasar warga negara.

Untuk memenuhi semua ini maka menjadi suatu keharusan setiap lembaga negara untuk menyiapkan wadah pendayagunaan bersama atas dokumen hukum secara tertib, terpadu dan berkesinambungan serta merupakan sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara lengkap, akurat, mudah dan cepat.

Karena itu, sambungnya,KPU sebagai Lembaga Publik, dalam melakukan Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) harus dapat memastikan JDIH yang dimiliki dapat berfungsi sebagai salah satu upaya peneyediaan sarana pembangunan bidang hukum,.

Selain untuk meningkatkan penyebarluasan dan pemahaman pengetahuan hukum, ,memudahkan penulusuran dan pencarian Peraturan Perundang-undangan dan bahan dokumentasi lainnya.

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • KPU Sumbawa siap bersinergi dengan Kesbangpol Sumbawa Bangun Pendidikan Politik dan Demokrasi

    KPU Sumbawa siap bersinergi dengan Kesbangpol Sumbawa Bangun Pendidikan Politik dan Demokrasi

    Fakultas Hukum UNSA Gelar Pemilihan Ketua BEM dan DPM difasilitasi KPU Sumbawa

    Fakultas Hukum UNSA Gelar Pemilihan Ketua BEM dan DPM difasilitasi KPU Sumbawa