BERITA

PEMBEKALAN KADER DP3 DITANDAI DENGAN PENANDATANGAN MOU KABUPATEN SUMBAWA DENGAN PEMERINTAH DESA PULAU KAUNG

Kamis, 09 Desember 2021   Tekmas KPU Sumbawa   242  

Program Nasional Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan  (DP3) yang dicanangkan oleh KPU RI ditindaklanjuti  oleh KPU Kabupaten Sumbawa dengan membentuk  Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan  di Desa Pulau Kuang Kecamatan Buer.  Pembentukan DP3 di Pulau Kaung diawali dengan koordinasi dengan Kepala Desa Pulau Kaung  untuk merekrut 25 Kader DP3 yang berasal dari pemuka agama, tokoh masyarakat dan kader –kader  Pos Yandu dan para pemuda Desa Pulau Kaung.

Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU Kabupaten Sumbawa, Pembekalan Kader DP3 akan dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan dan pertemuan pertama pada tanggal 8 Desember 2021, dilanjutkan dengan pertemuan kedua pada tanggal  15 Desember  2021 dan yang ketiga pada tanggal 22 Desember 2021

Pada Pembekalan Pertama kepada Kader DP3 ditandai dengan penandatangan MoU antara KPU Kabupaten Sumbawa diwakili oleh M. Wildan, M.Pd  Ketua KPU Kabupaten Sumbawa dengan Pemerintah Desa  Pulau Kaung yang diwakili oleh Abdurrasid Kepala Desa Pulau Kaung

Hadir dalam acara Pembukaan pemebekalan kader DP3 selain komisioner, sekrearis dan jajaran sekretariat KPU Kabupaten Sumbawa juga dihadiri oleh Camat Buer, Kapolsek Buer dan  Ketua BPD Pulau Kaung.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Sumbawa M. Wildan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Sumbawa yang telah memberikan dukungan anggaran sehingga Program Desa  Peduli Pemilu dan Pemilihan dapat dibentuk di Kabupaten Sumbawa.

Lebih lanjut Wildan menyampaikan bahwa  Tujuan dari Program DP3 adalah Membangun kesadaran politik masyarakat agar menjadi pemilih yang berdaulat, Mengedukasi  masyarakat  dalam  memfilter  informasi,  sehingga masyarakat  tidak  mudah  termakan  isu  hoaks  terkait kepemiluan, serta Menghindarkan  masyarakat  pada  praktik  politik  uang  yang sering terjadi menjelang Pemilu dan Pemilihan serta Meningkatkan kuantitas dan kualitas partisipasi pemilih  dan  membentuk  kader  yang  mampu  menjadi  penggerak penggugah kesadaran politik masyarakat.

 Pulau Kaung ditetapkan sebagai lokus DP3 karena merupakan salah satu desa dengan tingkat partisipasi masyarakat di bawah target Nasional pada Pilkada Serentak Tahun 2020.

Harapan Wildan, dengan Pembekalan Kader DP3 ini dapat mendongkrat tingkat partisipasi pemilih desa Pulau Kaung pada Pemilu dan Pemilih mendatang, sehingga bisa menjadi contoh tingkat partisipasi pemilih bagi desa-desa lain di Kabupaten Sumbawa.

Pada kesempatan yang sama, Drs. Hasanuddin selaku Camat Buer dalam sambutannya sangat berterima kasih kepada KPU Sumbawa yang telah memilih Desa Pulau Kaung sebagai Lokus Desa Peduli Pemilu di Kabupaten Sumbawa.

Lebih lanjut Camat Buer mengharapkan kepada peserta Kader  DP3 dapat memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya dan mengikuti pembekalan ini dengan serius selanjutnya dapat menyampaikan kembali kepada masyarakat pulau kaung tentang pentingnya Pemilu dan Pemilihan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • KPU Sumbawa siap bersinergi dengan Kesbangpol Sumbawa Bangun Pendidikan Politik dan Demokrasi

    KPU Sumbawa siap bersinergi dengan Kesbangpol Sumbawa Bangun Pendidikan Politik dan Demokrasi

    Fakultas Hukum UNSA Gelar Pemilihan Ketua BEM dan DPM difasilitasi KPU Sumbawa

    Fakultas Hukum UNSA Gelar Pemilihan Ketua BEM dan DPM difasilitasi KPU Sumbawa