BERITA

KPU Sumbawa : Rekrut KPPS, PPS Diminta Selektif

Kamis, 07 Maret 2019   yd - matanusantara.com   892  

KPU Sumbawa News. Mendukung kelancaran proses penyelenggaraan pemungutan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa mulai melakukan perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Dalam proses perekrutan KPPS ini KPU Sumbawa ingatkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) agar selektif.

Langkah itu, dilakukan sebagai upaya persiapan menghadapi pagelaran Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 meliputi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilres), DPD, hingga Pemilihan Legislatif (Pileg) ditingkat Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota, pada 17 April mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Sumbawa, Muhammad Wildan, M.Pd., yang ditemui usai Rapat kerja dan Rakor tahapan program dan jadwal penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 bersama PPK dan PPS, Rabu (06/03/2019) di aula hotel Sernu Raya Sumbawa mengingatkan agar PPS bertindak selektif dalam proses perekrutan KPPS.

Dikatakan, proses perekrutan KPPS saat ini telah memasuki tahapan penerimaan berkas calon KPPS di masing-masing desa. Penerimaan berkas dilakukan hinggal 12 Maret mendatang.

Dalam perekrutan anggota KPPS, kata Wildan tetap mengacu pada aturan diantaranya, usia minimal 17 tahun, pendidikan minimal SMA atau sederajat, termasuk beberapa hal yang dilarang dimana calon KPPS tidak diperbolehkan aktif dalam partai politik, menjadi tim kampanye salah satu calon, serta terikat hubungan suami istri sesama penyelenggara.

"Jadi yang merekrut KPPS disini adalah PPS. Diharapkan PPS ini selektif dalam penjaringan KPPS, apabila ada terindikasi dia sebagi tim kampanye dari salah satu calon, disini kita sampingkan atau tidak diterima," terangnya.

"Setelah penentuan KPPS, akan ada tanggapan masyarakat, kemudian kita akan merangkum tanggapan masyatakat untuk  disitulah kita menceklis apabila yang bersangkutan terlibat dalam tim kampanye," tandas Wildan.(yd)

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • KPU Sumbawa : Mengajak dan Menghimbau semua pihak agar menunggu hasil akhir penetapan pemenang Pemilu Tahun 2019

    KPU Sumbawa News - Mengenai beredarnya daftar caleg DPRD Kabupaten Sumbawa yang oleh beberapa pihak disebut-disebut sudah pasti terpilih, KPU Sumbawa menegaskan bahwa proses Rekapitulasi di tingkat PPK masih berjalan. Belum dapat dipastikan di semua Dapil sudah ada pemenangnya.

    KPU Bimtek PPK Untuk Pemungutan Hingga Rekapitulasi Suara Pemilu

    KPU Sumbawa News - Semua PPK se-Kabupaten Sumbawa, diberikan pemahaman tekhnis terkait prosedur dan mekanisme pemungutan suara. Hal ini dilakukan melalui kegiatan bimbingan tekhnis yang dilaksanakan di Hotel Sernu yang dilaksanakan KPU Sumbawa, sejak Sabtu pekan lalu hingga kemarin (23 – 24 Maret 2019).

    Surat Suara Pemilu di Sumbawa Lengkap

    KPU Sumbawa - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumbawa (KPU), Minggu (24/03/2019) kembali menerima surat suara pemilu dari percetakan Surabaya. Sekretaris KPU Sumbawa Lahmuddin, S.E., yang ditemui mengatakan, KPU Kabupaten Sumbawa telah menerima surat suara pemilu tahap ketiga atau pengiriman yang terakhir.