BERITA

KPU Kabupaten Sumbawa Gelar Rapat Kerja dan Koordinasi Bersama PPK dan PPS

Kamis, 07 Maret 2019   Ai9news   657  

KPU Sumbawa News. Ketua KPU mengajak seluruh perangkat pelaksana pemilu baik tingkat kecamatan maupun tingkat desa, agar bisa menjalankan tugas dengan ikhlas dan maksaimal, karena ujung tobambak pemilu ini berada ditingkat PPS dan PPK sebagi perpanjang tangan KPU, hal ini disampaikan ketua KPU sumbawa M. Wildan, dalam rapat kerja dan kordinasi tahapan, program dan jadwal penyelenggara Pemilu 2019, bersama PPK dan PPS se-Kabupaten Sumbawa  6 maret 2019, yang bertempat digedung hotel sernu raya sumbawa.

Dalam kesempatan tersebut kelima komisoner KPU Sumbawa, masing-masing memberikan pemahaman tehknis kepada PPK dan PPS dalam pelaksanaan pemilu, dengan masing masing devisi yakni M. Ali, menyampaikan materi sosialisasi, dan SDM dalam pemilihan dan bimtek para KPPS ditingkat desa serta pendidikan pemilih, Nurul Khaerani divisi Hukum dan Pengawasan. Aryati divisi teknis penyelenggaraan, Muhammad kaniti divisi  perencanaan data dan informasi, dan M. Wildan divisi logistik dan rumah tangga.   

Kelima komisioner KPU ini satu persatu menyampaikan tehknis dan aturan serta program Pemilu yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 april mendatang.

Para peserta dari PPS dan PPK ini juga menyampaikan beberapa kendala dan persoalan yang sering timbul saat pelaksanaan pemilu, seperti yang disampaikan oleh ketua PPK Labuan Badas, H Mursan, mengungkapkan daerahnya merupakan daerah kepulauan dan terpencil, hingga dalam distribusi logistik harus menggunakan kapal dan kendaraan khusus menuju ke daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh kendaraan biasa. Ungkap Mursan.

Sedangkan persoalan yang disampaikan oleh ketua PPK Alas, Mashur mengkhawatirkan bahwa di dalam pelaksanaan pemungutan dan perhitungan nantinya mendapat kendala waktu perhitungan hingga lewat jam 00.00 wita  dan masih belum selesai perhitungan, hingga  petugas terpaksa melanjutkan keesokan harinya. Apakah hal ini tidak melanggara Peraturan KPU No 3 / 2019. Yang menyatakan bahwa hasil pemungutan dan perhitungan harus diserahkan ke PPK dihari yang sama.

Jawaban Persoalan ini dijelaskan oleh Aryati, devisi teknis penyelenggaraan, bahwa pemungutan dan perhitungan suara dilakukan selama 24 jam. Bila penyerahan hasil perhitungan dan pemungutan diserahkan ke PPK dihari berikutnya maka lembaran C2 lah yang menjadi pegangan utama PPS atau pelaksana bila nanti ada yang keberatan atau menuntut hingga kepengadilan. Jelas Aryati.

Dalam rapat kerja dan kordinasi ini di hadiri oleh 24 kecamatan para PPK dan 165 Desa para PPS Se Kabupaten Sumbawa  .

Ketua KPU Sumbawa mengungkapkan bahwa Rapat Kordinasi ini merupakan penguatan para petugas dan pelaksana pemilu yang beberapa hari lagi, penting pemahaman bersama tentang teknis dan aturan dalam pelaksanaan nanti karena PPK dan PPS ini merupakan ujung tombak dan perpanjang tangan pelaksana Pemilu. ungkap ketua yang santun ini. ( AI9 )   

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • KPU Sumbawa : Mengajak dan Menghimbau semua pihak agar menunggu hasil akhir penetapan pemenang Pemilu Tahun 2019

    KPU Sumbawa News - Mengenai beredarnya daftar caleg DPRD Kabupaten Sumbawa yang oleh beberapa pihak disebut-disebut sudah pasti terpilih, KPU Sumbawa menegaskan bahwa proses Rekapitulasi di tingkat PPK masih berjalan. Belum dapat dipastikan di semua Dapil sudah ada pemenangnya.

    KPU Bimtek PPK Untuk Pemungutan Hingga Rekapitulasi Suara Pemilu

    KPU Sumbawa News - Semua PPK se-Kabupaten Sumbawa, diberikan pemahaman tekhnis terkait prosedur dan mekanisme pemungutan suara. Hal ini dilakukan melalui kegiatan bimbingan tekhnis yang dilaksanakan di Hotel Sernu yang dilaksanakan KPU Sumbawa, sejak Sabtu pekan lalu hingga kemarin (23 – 24 Maret 2019).

    Surat Suara Pemilu di Sumbawa Lengkap

    KPU Sumbawa - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumbawa (KPU), Minggu (24/03/2019) kembali menerima surat suara pemilu dari percetakan Surabaya. Sekretaris KPU Sumbawa Lahmuddin, S.E., yang ditemui mengatakan, KPU Kabupaten Sumbawa telah menerima surat suara pemilu tahap ketiga atau pengiriman yang terakhir.