BERITA

Peringatan Sumpah Pemuda, KPU Ajak Pemilih Muda Sukseskan Pemilu 2019

Selasa, 30 Oktober 2018   Nur kholis, S.AP   65  

Peran generasi muda dalam mensukseskan Pemilu 2019 sangat penting artinya. Hal ini menjadi salah satu fokus KPU kabupaten Sumbawa untuk memicu andil para Pemilih Muda atau Pemilih Pemula yang nantinya akan pertama kali menggunakan hak pilihnya di 17 April 2019 mendatang.

Dalam upacara peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober di SMKN 1 Sumbawa, ketua KPU Kabupaten Sumbawa, Syukri Rahmat menekankan akan pentingnya pelibatan generasi muda dalam hal ini para pemilih muda di setiap Pemilu.

Sebab, generasi muda adalah potensi beaar suatu bangsa yang nantinya diharapkan akan melanjutkan pembangunan dan roda pemerintahan di masa yang akan datang.

"Pemilih muda adalah potensi yang tak terbantahkan di setiap Pemilu, karena hasil pemilu akan menentukan arah jalannya roda pemerintahan. Sebab maju mundurnya negeri ini di masa yang akan datang, akan ditentukan oleh kondisi generasi mudanya saat ini," ujar Syukri Rahmat.

Dengan memaknai semangat Sumpah Pemuda, ketua KPU Sumbawa mengajak para siswa untuk berperan aktif dalam mensukseskan Pemilu 2019, paling tidak dengan memastikan diri telah terdaftar sebagai pemilih di DPT bagi siswa yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih.

"Sekarang kita bisa mengecek data pemilih kita melalui aplikasi online, para siswa yang sudah berusia 17 tahun atau telah memenuhi syarat sebagai pemilih, kami harap bisa memastikan dirinya telah terdaftar. Jika belum terdaftar segera mendaftarkan dirinya di PPS, PPK atau di KPU Sumbawa," sarannya.

Saat ini, lanjut Syukri, KPU beserta seluruh jajaran penyelenggara Pemilu sedang mensosialisasikan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) untuk menjamin hak pilih setiap warga negara yang telah memenuhi syarat memilih, agar terdaftar di daftar Pemilih. Upaya ini dilakukan ini secara masif dalam rangka menjaring warga masyarakat yang sekiranya belum terdaftar di data pemilih, termasuk bagi pemilih muda atau pemilih pemula.

Dalam hal ini, ia berharap para siswa juga berperan aktif dalam mensosialisasikan GMHP di lingkungan sekitar dengan mengkroscek data pemilih orang-orang di sekitarnya melalui aplikasi data pemilih online.

Syukri juga menghimbau agar para pemilih muda dari kalangan siswa, dapat memaknai Demokrasi dan Pemilu dengan cerdas dan damai.

"Di Pemilu nanti jadilah pemilih cerdas dan bertanggung jawab. Pandai-pandailah dalam memilih dengan melihat visi misi dan program para calon. Jangan mudah terprovokasi atau terbawa arus politik yang dapat memperkeruh suasana kedamaian di masyarakat," himbaunya.(*)

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • KPU Sumbawa Tetapkan DPTHP-2 Pemilu 2019

    Dipimpin ketua KPU kabupaten Sumbawa, Syukri Rahmat, rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih tetap hasil perbaikan tahap kedua (DPTHP-2), Ahad (11/11) bertempat di hotel Sernu Raya resmi menetapkan 331.099 DPT kabupaten Sumbawa untuk Pemilu 2019.

    PERINGATI HARI PAHLAWAN, KPU SUMBAWA MELAKUKAN UPACARA BENDERA

    PERINGATI HARI PAHLAWAN, KPU SUMBAWA MELAKUKAN UPACARA BENDERA

    Kuliah Lapangan Mahasiswa Fakultas Hukum Unsa Sambangi KPU

    Ratusan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Samawa Sumbawa Besar menyambangi kantor KPU Kabupaten Sumbawa. Kedatangan ratusan mahasiswa bersama jajaran civitas akademika Fakultas Hukum ini merupakan salah satu agenda kuliah lapangan tentang Kepemiluan dan Demokrasi.