BERITA

Sosialisasi GMHP Rambah Lapas Sumbawa

Sabtu, 27 Oktober 2018   Nurkholis   102  

Selain mendatangi tempat-tempat keramaian mengunjungi warga masyarakat untuk mengecek data pemilih secara online, Gerakan melindungi hak pilih (GMHP) yang dilakukan KPU Sumbawa juga menyambangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) klas II Sumbawa.
Sosialisasi GMHP ini salah satu upaya untuk memastikan setiap warga negara yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih, terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019. KPU Sumbawa beserta seluruh jajaran penyelenggara panitia pemungutan suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) saat ini gencar mensosialisasikan GMHP turun langsung ke masyarakat dengan tempat-tempat strategis dan keramaian.
Dalam hal memenuhi hak pilih warga binaan Lapas, sebelumnya KPU Sumbawa telah menjalin koordinasi bersama kepala Lapas untuk menyediakan TPS khusus, kedatangan tim KPU Sumbawa pada hari Jumat (26/10) kemarin untuk mengecek data pemilih yang menghuni Lapas  Sumbawa yang seluruhnya berjumlah 513 warga binaan.
Kepala Lapas klas II Sumbawa, DR. H. Lalu Jumaidi mengapresiasi langkah KPU Sumbawa dalam melayani hak pilih warga binaannya. Ia mengatakan seluruh warga binaan Lapas Sumbawa adalah pemilih yang telah memenuhi syarat untuk memilih di Pemilu 2019.
"Kami sangat mengapresiasi upaya KPU Sumbawa untuk melayani hak pilih warga binaan Lapas ini di Pemilu nanti," ujar Juamidi.
Dalam kesempatan pertemuan dengan komisioner KPU Sumbawa, Kalapas juga mengkroscek data pemilihnya melalui aplikasi DPT online, ternyata nama beliau belum terdaftar di daftar pemilih Pemilu 2019. Saat itu juga Lalu Jumaidi didaftarkan oleh petugas KPU Sumbawa.
Sosialisasi GMHP ini juga nantinya akan mengkroscek data pemilih para warga binaan Lapas.
Dengan estimasi jumlah warga binaan di Lapas Sumbawa, setidaknya akan dibangun 2 TPS khusus bagi para narapidana, tahanan dan petugas Lapas beserta keluarganya.
Selain itu KPU juga meminta daftar warga binaan yang akan bebas sebelum 17 April 2019 agar didaftarkan dalam daftar pemilih tambahan (DPTb) di daerah asalnya.(*

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • KPU Sumbawa Tetapkan DPTHP-2 Pemilu 2019

    Dipimpin ketua KPU kabupaten Sumbawa, Syukri Rahmat, rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih tetap hasil perbaikan tahap kedua (DPTHP-2), Ahad (11/11) bertempat di hotel Sernu Raya resmi menetapkan 331.099 DPT kabupaten Sumbawa untuk Pemilu 2019.

    PERINGATI HARI PAHLAWAN, KPU SUMBAWA MELAKUKAN UPACARA BENDERA

    PERINGATI HARI PAHLAWAN, KPU SUMBAWA MELAKUKAN UPACARA BENDERA

    Kuliah Lapangan Mahasiswa Fakultas Hukum Unsa Sambangi KPU

    Ratusan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Samawa Sumbawa Besar menyambangi kantor KPU Kabupaten Sumbawa. Kedatangan ratusan mahasiswa bersama jajaran civitas akademika Fakultas Hukum ini merupakan salah satu agenda kuliah lapangan tentang Kepemiluan dan Demokrasi.