BERITA

Pilkada dilanjutkan, KPU Sumbawa Sosialisasi PKPU 5 Tahun 2020 dengan Stakeholder

Kamis, 18 Juni 2020   Subbag Teknis   432  

Melanjutkan kembali Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa yang sempat ditunda, KPU Kabupaten Sumbawa melakukan Sosialisasi Pemilihan Tahun 2020

Selama dua hari tanggal 16 dan 17 Juni 2020, KPU Kabupaten Sumbawa menghadirkan Bawaslu Kabupaten Sumbawa, Partai Politik, Pemerintah Daerah, Polres Sumbawa, Kejaksaan Negeri Sumbawa, Kodim 1607/Sumbawa serta Pemimpin Redaksi Media Cetak, Media Elektronik dan Media Dalam Jaringan.

Dihadapan peserta  Sosialisasi Ketua KPU Sumbawa, M. Wildan MPd, menyampaikan bahwa  sosialisasi kali ini membahas Peraturan KPU (PKPU) RI nomor 5 tahun 2020 Tentang perubahan ketiga atas PKPU Nomor 15 Tahun 2019 Tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota.
Wildan sangat berharap bahwa tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Tahun 2020 dapat diketahui oleh seluruh masyarakat Sumbawa melalui dukungan yang diberikan stakeholder pemilihan sesuai dengan kewenangannya 

Diakui Wildan, peran stakeholder pemilihan termasuk insan Pers sangat stragtegis, sehingga informasi terkait tahapan Pilkada bisa diketahui masyarakat luas. Ia berharap sigersitas antara KPU Sumbawa deangan stakeholder pemilihan yang sudah terjalin dengan baik selama ini  dapat dipertahankan bahkan dapat ditingkatkan.
“Sinergisitas yang terjalin selama ini kami harap dapat dipertahankan dan ditingkatkan,” tukasnya.
Dijelaskan, setiap tahapan Pilkada serentak tahun ini harus mengacu pada protokol kesehatan pencegahan covid 19.
“Protokol kesehatan akan dijalankan dalam  setiap tahapan Pilkada,” pungkasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Sumbawa Muhammad Ali, S.IP, menjelaskan, dasar hukum yakni peraturan pemerintah pengganti undang-undang nomor 2 tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas undang-undang nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang -undang nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati dan wali kota, menjadi undang-undang, yaitu ketentuan
Pasal 122A ayat (3) yang menyatakan “ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara dan waktu pelaksanaan pemilihan serentak lanjutan diatur dalam peraturan KPU”. pasal 201A ayat (1) yang menyatakan “pemungutan suara serentak sebagaimana dimaksud dalam pasal 201 ayat (6) ditunda karena terjadi bencana non alam sebagaimana dimaksud dalam pasal 201 ayat (1)”.  Pasal 201A ayat (2) yang menyatakan pemungutan suara serentak yang ditunda dilaksanakan pada bulan Desember 2020.

Lebih rinci Ali menjelaskan Tahapan Pemilihan Tahun 2020 mulai dari pengaktifan kembali badan Adhoc, verifikasi faktual dukungan perseorangan, Tahapan pencalonan, Pemutakhiran Data Pemilih, Kampanye, Laporan Dana kampanye, Pemungutan Suara pada Rabu, 9 Desember 2020, Rekapitulasi Hasi Penghitungan Suara sampai dengan Penetapan Calon Terpilih.

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • KPU Sumbawa membuka Posko Layanan DPS

    KPU Sumbawa membuka Posko Layanan DPS

    RALAT BERITA JUMLAH DPS

    Ralat Berita Jumlah Daftar Pemilih Sementara Pilkada Sumbawa Tahun 2020

    PENGUMUMAN HASIL PENELITIAN DOKUMEN PERSYARATAN CALON

    Bersama ini KPU Kabupaten Sumbawa mengumumkan hasil penelitian persyaratan administrasi terhadap kelengkapan dan keabsahan dokumen persyaratan calon yang tertuang dalam BA.HP-KWK dan lampirannya sebagai berikut :