BERITA

KPU Sumbawa Resmi Tutup Pendaftaran PPK Pilkada 2020

Sabtu, 25 Januari 2020   zensamawarea   1121  

Kecamatan Sumbawa dan Moyo Hilir Pendaftar Terbanyak 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa resmi menutup masa pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Tahun 2020. Pasalnya, Jumat, 24 Januari 2020, adalah hari terakhir bagi calon anggota PPK untuk melakukan pendaftaran. Selanjutnya KPU akan menggelar Rapat Pleno untuk memutuskan langkah-langkah atas hasil dari proses pendaftaran yang telah dilaksanakan sejak 18 Januari lalu.

Ketua KPU Kabupaten Sumbawa, M. Wildan, M.Pd dalam keterangan persnya, Jumat (24/1) menyebutkan, berdasarkan surat KPU Republik Indonesia No. 12/PP.04.2-SD/01/KPU/I/2020 prihal Pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020 dinyatakan bahwa sampai dengan masa pendaftaran berakhir tidak ada peserta yang mendaftar atau kurang dari 2 (dua) kali jumlah PPK yang dibutuhkan, KPU Kabupaten/Kota membuka perpanjangan waktu pendaftaran selama 3 hari. Namun berdasarkan rekapitulasi jumlah pendaftar dari 24 kecamatan, telah memenuhi jumlah 2 kali kebutuhan untuk setiap kecamatan, sehingga KPU Sumbawa memutuskan untuk tidak memperpanjang masa pendaftaran. “Tercatat 441 orang pendaftar dari 24 kecamatan terdiri 307 laki-laki dan 134 perempuan,” sebutnya.

 

Dari semua pendaftar ini, ungkap Wildan, paling banyak di Kecamatan Sumbawa dan Kecamatan Moyo Hilir masing-masing 27 orang. Sedangkan di kecamatan lain berkisar 10—26 orang. Selanjutnya seluruh berkas dokumen pendaftaran akan dilakukan proses verifikasi administrasi yang hasilnya diumumkan 28–29 Januari 2020, sekaligus informasi kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa untuk dapat memberikan tanggapan atau informasi terkait dengan calon-calon Anggota PPK tersebut. “Kepada calon anggota PPK yang dinyatakan lulus penelitian administrasi wajib mengikuti seleksi tertulis,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Wildan menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas antusiasme masyarakat Kabupaten Sumbawa untuk menjadi bagian dari Penyelenggara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Tahun 2020. Tentu ini semakin membulatkan tekad dan semangat untuk menghadirkan sebuah proses pemilihan yang berkualitas. “Sukses hasil dan sukses proses,” cetus komisioner low profil ini. (SR)

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • ITJEN KPU RI REVIU LK SEMESTER 2 TAHUN 2020 LINGKUP KPU SE-PROVINSI NTB

    ITJEN KPU RI REVIU LK SEMESTER 2 TAHUN 2020 LINGKUP KPU SE-PROVINSI NTB

    Optimalkan Pengendalian Intern, BPKP melaksanakan BIMTEK SPIP

    Optimalkan Pengendalian Intern, BPKP melaksanakan BIMTEK SPIP

    SEBELUM PENYERAHAN DUKUNGAN PERSEORANGAN, KPU SUMBAWA RAKOR DENGAN BAKAL PASLON, BAWASLU, POLRES DAN KESBANGPOL

    SEBELUM PENYERAHAN DUKUNGAN PERSEORANGAN, KPU SUMBAWA RAKOR DENGAN BAKAL PASLON, BAWASLU, POLRES DAN KESBANGPOL