BERITA

45 CALON ANGGOTA DPRD KABUPATEN SUMBAWA TERPILIH HASIL PEMILU 2019 DITETAPKAN

Selasa, 23 Juli 2019   teknishupmas   2650  

Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan calon terpilih Pemilu Tahun 2019 oleh KPU Kabupaten Sumbawa yang di skor sejak tanggal 4 Juli 2019 akhirnya ditetapkan pada tanggal  22 Juli 2019 dalam Rapat Pleno Terbuka. Rapat tersebut selain dihadiri  oleh Saksi peserta pemilu tahun 2019  yang berasal dari partai politik  tingkat kabupaten, juga turut hadir Komisioner Bawaslu Kabupaten Sumbawa Pejabat yang mewakili Bupati Sumbawa, Forkopimda, Pengurus Cabang Partai Politik Tingkat Kabupaten dan para tokoh agama serta tokoh masyarakat.

Bertempat di Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, M.Wildan selaku Pimpinan Rapat melanjutkan  rapat dengan membacakan Tata tertib dan ketentuan Rapat pleno terbuka.  Dalam kesempatan tersebut M.Wildan menyampaikan prosedur dan mekanisme penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih. Untuk penetapan perolehan kursi sesuai dengan mekanisme perudang-undangan dilakukan dengan menggunakan sistim Saint Lague yaitu  bilangan pembaginya angka ganjil 1, 3, 5 dan seterusnya demikian imbuhnya.

Dalam penetapan perolehan kursi, Pimpinan Rapat membacakan perolehan suara sah masing-masing partai politik yang bersumber dari model DB1 kemudian melakukan peringkat perolehan suara dan menentukan partai politik yang memperoleh kursi pada masing-masing daerah pemilihan. Penetapan perolehan kursi partai politik dimuali dari daerah pemilihan Sumbawa1 dan setelah mendapat persetujuan dari saksi yang hadir maupun dari Bawaslu Kabupaten Sumbawa barulah pimpinan rapat  mengesahkan hasil perolehan kursi untuk Dapil Sumbawa 1. Prosedur tersebut juga dilakukan untuk Dapil Sumbawa2, Dapil Sumbawa3, Dapil Sumbawa 4, dan Dapil Sumbawa5.

Setelah penetapan kursi dilakukan, lebih lanjut Ketua KPU Sumbawa selaku pimpinan rapat  menetapkan Calon anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Terpilih. Penetapan calon terpilih dilakukan berdasarkan peringkat tertinggi perolehan suara sah caleg pada masing-masing  partai politik yang memperoleh kursi pada lima daerah pemilihan di Kabupaten Sumbawa. Jumlah caleg terpilih yang ditetapkan dalam rapat pleno sebanyak 45 orang terdiri dari PDIP sebanyak 6 caleg,  Partai Gerindra dan Partai Demokrat masing-masing sebanyak 5 Caleg, PKB, Partai Golkar, Partai NasDem, PKS, PPP  dan PAN masing-masing meloloskan 4 caleg terpilih, Partai Hanura sebanyak 3 caleg terpilih sedangkan Partai berkarya dan PKPI masing-masing 1 caleg terpilih.

Proses selanjutnya KPU Kabupaten Sumbawa akan mengusulkan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Sumbawa Hasil Pemilu Tahun 2019 untuk pengucapan
sumpah janji kepada Gubernur melalui Bupati Sumbawa

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • BAPASLON TALIF-SUDIR MEMENUHI AMBANG BATAS SYARAT MINIMAL DUKUNGAN PERSEORANGAN

    BAPASLON TALIF-SUDIR MEMENUHI AMBANG BATAS SYARAT MINIMAL DUKUNGAN PERSEORANGAN

    KPU LUNCURKAN GKS DAN GCS.

    KPU Luncurkan Gerakan Klik Serentak dan Gerakan Coklit Serentak

    1.010 ORANG PPDP SIAP TURUN COKLIT PADA PILKADA SUMBAWA 2020.

    1.010 ORANG PPDP SIAP TURUN COKLIT PADA PILKADA SUMBAWA 2020.