BERITA

KPU Sumbawa Gelar Bimtek Relawan Demokrasi Pemilu 2019

Rabu, 23 Januari 2019   Ken Taruna - beritasumbawa.net   2248  

Sumbawa Besar–KPU Kabupaten Sumbawa, Rabu (23/01/2019), menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) para Relawan Demokrasi Pemilihan (Relasi). Kegiatan ini dipusatkan di Hotel Sernu Raya.

Ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat, menyampaikan ucapan selamat kepada para Relasi. Semua 55 orang memulai amanat baru di luar amanat-amanat lainnya.

Menjadi Relasi jelas Ketua KPU, akan dibimbing oleh empat orang Komisioner KPU Sumbawa terhadap apa yang menjadi tugas ke depan.

Dia mengingatkan sebagai Relasi sedapat mungkin menjaga integritas dan kompetensi sesuai azas penyelenggara Pemilu seperti Mandiri dan Independent. Semua Relasi tidak boleh terlibat dalam tim kampanye Pemilu atau peserta Pemilu.

“Tidak boleh ada keberpihakan yang nyata. Misalnya di Facebook tidak boleh like status atau komentar. Relawan Demokrasi bekerja untuk KPU, independent dan profesional,” tegas Syukri Rahmat.

Jadi para aktivis facebook harus menjaga diri, tidak boleh melike atau sejenisnya, tidak boleh juga mencaci maki atau menghina seseorang.

“Anda semua akan menjadi perpanjangan tangan KPU Kabupaten Sumbawa. Ada 11 basis yang perlu dijadikan sasaran sosialisasi seperti pemilih muda, pemilih pemula, basis disabilitas, basis warganet.
Inilah yang harus digarap para Relasi,” tegasnya.

Kenapa KPU bentuk Relasi ujarnya, pertama yakni peningkatakan partisipasi pemilih karena target minimal tahun 2019 yakni 75 persen secara nasional tapi Sumbawa target minimal 77 persen. Inilah yang nanti menjadi tugas pokok Relasi.

Kedua, dalam rangka mengukur tingkat legitimasi anggota Parlemen dan Presiden terpilih. Lalu memberikan pendidikan politik yang sehat dan profesional sehingga lahir pemilih cerdas yang mampu melihat rekam jejak seseorang Caleg. Mampu melihat bahwa si A, si B layak menjadi anggota DPRD, DPRD Propinsi dan seterusnya. Juga menghindari adanya money politik yang menjadi masalah di setiap Pemilu.

Ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat, saat memberikan keterangan Pers.

“Insya Allah Relasi bisa menjadi perpanjangan tangan KPU yang baik,” ujarnya.

Pemilihan Umum di Kabupaten Sumbawa, KPU Kabupaten Sumbawa mencatat Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 330.637 orang DPT, dan DPK sebanyak 205 orang. (bs/01)

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Bergerak Cepat, KPU Sumbawa Segera Rampungkan Pembentukan PPDP

    Bergerak Cepat, KPU Sumbawa Segera Rampungkan Pembentukan PPDP

    Pilkada dilanjutkan, KPU Sumbawa Sosialisasi PKPU 5 Tahun 2020 dengan Stakeholder

    Pilkada dilanjutkan, KPU Sumbawa Sosialisasi PKPU 5 Tahun 2020 dengan Stakeholder

    OPTIMISME BERPILKADA DI TENGAH PANDEMI COVID 19

    OPTIMISME BERPILKADA DI TENGAH PANDEMI COVID 19